Berita Paripurna

RAPAT PARIPURNA KE-1 MASA PERSIDANGAN I DPRK ACEH UTARA TAHUN 2019, DALAM RANGKA PENYAMPAIAN LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNG JAWABAN BUPATI ACEH UTARA TAHUN ANGGARAN 2018

  • by Admin
  • Senin, 27 Mar 2019, 10:22:31 WIB - 29 View

Berdasarkan Hasil Keputusan Rapat Badan Musyawarah DPRK Aceh Utara tanggal 25 Maret 2019, telah menetapkan bahwa Rapat Paripurna ke-1 Masa Persidangan I DPRK Aceh Utara Tahun Sidang 2019,  dengan acara Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Bupati Aceh Utara Tahun Anggaran 2018, dilaksanakan pada hari ini.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006  tentang Pemerintahan Aceh dalam pasal 42 ayat (1)  huruf f  mengamanatkan bahwa salah satu tugas dan wewenang Bupati adalah “Memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten kepada DPRK”.

Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah      dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Masyarakat diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3  Tahun 2007  tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Didalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2007, pasal 23  ayat (1)  s/d  ayat (5)  menyebutkan sebagai berikut :

  1. LKPJ  disampaikan oleh Kepala Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD.
  2. LKPJ  sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibahas oleh DPRD secara internal sesuai dengan Tata Tertib DPRD.
  3. Berdasarkan hasil pembahasan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) DPRD menetapkan Keputusan DPRD.
  4. Keputusan DPRD sebagaimana dimaksud pada ayat (3) disampaikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah LKPJ diterima.
  5. Keputusan DPRD sebagaimana dimaksud pada ayat (3) disampaikan kepada Kepala Daerah dalam Rapat Paripurna yang bersifat istimewa sebagai rekomendasi kepada Kepala Daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah kedepan.

Kita menyadari suasana dan kondisi di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia saat ini sedang terfokus pada kesuksesan Pesta Demokrasi, baik sukses untuk kepentingan bangsa dan negara juga sukses untuk personal dalam naungan Partai kita masing-masing. Kondisi ini akan menguras tenaga dan pikiran kita yang sangat maksimal untuk memperoleh hasil yang terbaik dalam Pesta Demokrasi di depan mata kita.  Namun dibalik itu semua, konsekuensi dari Anggota DPRK Aceh Utara periode 2014 – 2019, berkewajiban menjalankan tugas pokok yang kita emban sesuai regulasi yang berlaku.

Kami mengharapkan kepada Anggota Dewan yang terhormat, agar dapat melakukan pembahasan LKPJ tersebut sehingga akan melahirkan rekomendasi yang berisikan masukan-masukan serta catatan-catatan seperlunya demi kesempurnaan dan perbaikan kinerja Kepala Daerah Kabupaten  Aceh Utara  dimasa yang akan datang.

Selanjutnya kami juga mengharapkan kepada Eksekutif untuk memaksimalkan waktu sesuai dengan jadwal yang telah kami rencanakan untuk pembahasan LKPJ. Kedepan masih banyak agenda lainnya yang harus kita laksanakan seperti hal nya pembahasan KUA PPAS Tahun Anggaran 2020 dan APBK Perubahan Tahun Anggaran 2019.

Sesuai dengan surat dari kami Pimpinan DPRK Aceh Utara  yang ditujukan kepada Bupati Aceh Utara dengan suratnya Nomor 900 / 117,  tanggal  26  Maret  2019  perihal Data Realisasi Fisik dan Kegiatan Tahun 2018 Dalam Rangka  Pansus LKPJ Bupati Aceh Utara Tahun Anggaran 2018, kami minta supaya dapat memberikan data-data sesuai maksud surat tersebut  paling lambat hari Jum’at  tanggal  29  Maret  2019.

Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018  yang disampaikan oleh Saudara Wakil Bupati Aceh Utara Saudara  FAUZI YUSUF dan dilanjutkan  dengan  penyerahan  Buku LKPJ  oleh Wakil Bupati Aceh Utara kepada Pimpinan DPRK Aceh Utara.

Dengan berakhirnya penyampaian LKPJ oleh Saudara Wakil Bupati Aceh Utara, maka berakhirlah Rapat Paripurna ini.

Berkaitan dengan pembahasan LKPJ ini, di harapkan kepada Saudara Wakil Bupati Aceh Utara agar memberikan arahan kepada seluruh Pimpinan SKPK untuk tidak keluar daerah,  menunda perjalanan dinas keluar daerah selagi pembahasan LKPJ oleh DPRK Aceh Utara.  Hal ini semata-mata untuk kelancaran dan ketepatan waktu sesuai yang dijadwalkan Banmus kepada Anggota DPRK.

Kami atas nama Pimpinan Dewan mengucapkan terimakasih kepada Saudara Wakil Bupati Aceh Utara, para Anggota Dewan yang terhormat beserta seluruh para undangan yang telah berhadir mengikuti Rapat Paripurna pada hari yang berbahagia ini.

Akhirnya dengan mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin,  Rapat Paripurna ke-1 Masa Persidangan I  DPRK Aceh Utara Tahun Sidang 2019,  kami tutup.

Informasi Terkait